GUI
(Graphical User Interface) pada Java umumnya menggunakan kelas dari package
javax.swing.
Swing
terdiri dari 3 klasifikasi:
·
Komponen
Control
Komponen yang menjadi perantara
interaksi antara pengguna dan program.
·
Container
Komponen ruang yang dapat menampung
komponen control.
·
Layout
Manager
Secara
umum, untuk membuat suatu program GUI,
kita perlu melakukan langkah-langkah berikut:
·
Menentukan
Container.
·
Menentukan
komponen control.
Kita perlu terlebih dahulu menentukan
komponen kontrol apa yang ingin digunakan. Contohnya jika ingin menggunakan
tombol, maka kita memilih JButton. Jika ingin menggunakan medan input teks dari pengguna, kita bisa
memakai JtextField atau JTextArea.
·
Menentukan
layout.
Tentukan layout manager sesuai yang
kita inginkan.
·
Menentukan
input pengguna dan respon apa yang dilakukan terhadapnya.
Tentukan apa yang perlu diinput oleh
pengguna dan respon terhadap input tersebut. Hal ini melibatkan event listener.
Contoh
Container pada Swing:
·
Jpanel terletak pada javax.swing.Jpanel
·
JTabbedPane
terletak pada javax.swing.JtabbedPane
·
JScrollPane
terletak pada javax.swing.JScrollPane
Contoh komponen Control pada Swing:
·
Tombol menggunakan JButton yang terletak pada
javax.swing.
·
Label menggunakan JLabel yang terletak pada
javax.swing.JLabel.
·
Medan teks menggunakan JTextField (untuk 1 baris)
atau JtextArea (jika lebih dari 1 baris).
·
Medan password menggunakan JPasswordField.
·
Kotak pilihan menggunakan JCheckBox.
·
Tombol bulat menggunakan JRadioButton.
·
Daftar menggunakan JList.
Contoh
Layout Manager pada Swing:
·
FlowLayout, menyusun komponen secara berurutan, per
baris, kiri ke kanan.
·
BorderLayout,
membagi kepada 5 bagian, North, South, East, West dan Center .
·
GridLayout, menyusun komponen dalam grid yang berukuran
sama.
·
GridBagLayout, menyusun komponen dalam grid yang boleh
berubah ukurannya.
No comments:
Post a Comment